Kamis, 22 Desember 2011

Learn to let them go


".......... when you love someone, you've got to learn to let him go........" 

Itu penggalan dari lyric lagu yang pernah populer tahun 80-an dibawakan oleh penyanyi pria bersuara tenor ; Stevie B.  Lyric yang sepenggal itu rasanya mampu menggiringku untuk bertanya kepada diri sendiri..... Seandainya itu benar-benar terjadi, mampukah aku melepaskan sesuatu yang sebelumnya kuanggap sebagai milikku? Bukankah kepemilikan adalah hak. Dan hak itu harus dipertahankan, tak boleh lepas dari genggaman kita sedikitpun?

Sungguh suatu hal yang tak terbayangkan jika aku mengikuti penggalan lyric lagu tadi..... Mencintainya, tapi harus belajar untuk melepaskannya??? Apa iya, dan adakah orang yang bisa melakukannya?

Tapi setelah beberapa waktu pertanyaan itu mengendap dalam pikiran, pelan-pelan aku mulai menemukan esensi kalimat itu.  "You've got to learn to let them go...", belajar untuk melepasnya pergi.....Tentu saja dengan sepenuh kerelaan hati. Sikap seperti itu yang mungkin setara dengan sikap "legowo" atau yang lebih tinggi lagi tingkatnya yaitu "ikhlas". 

Aku membayangkan, memang begitulah seharusnya..... Dengan sikap "rela" sepertinya hati  kita akan lebih mudah menerima, mengapa suatu hal harus terjadi. Bukankah tak mungkin sesuatu terjadi tanpa ada maksud tertentu yang telah dipersiapkan oleh Allah SWT untuk umatNya? Dan hanya Dia yang tahu hal mana yang terbaik untuk umatNya. Karena apa yang kita pikir baik untuk kita, belum tentu  itu baik menurut ketentuanNya.....

Kamis - 22122011






Tidak ada komentar:

Posting Komentar