Jumat, 16 November 2012

Intrapersonal

 
Dalam beberapa hari ini media nusantara disemarakkan dengan berita tentang seorang artis senior. Artis itu, yang meng-klaim dirinya memiliki banyak penggemar, rupanya mengajukan dirinya menjadi petinggi negara RI. Terang saja, ke'pede'an Bapak ini mengundang berbagai komentar dari publik. Baik komentar yang simpatik, mendukung, maupun yang "menghibur" karena bermuatan canda.

Bagaimana tidak? Disaat publik masih terpesona dengan kemunculan "duo media darling" di pilkada ibukota, tiba-tiba artis senior ini menyeruak dengan yakin. Padahal dalam hajatan pilkada ibukota yang lalu, beliau sempat dinobatkan menjadi tokoh antagonis 'penganiaya'  tokoh protagonis yang disandang oleh 'duo media darling' tadi.

Membaca sedemikian banyak komentar dan celetukan mengenai artis senior ini, aku jadi ingat kata-kata Bapakku sekian waktu yang lalu. Menurut Bapakku, ada 4 jenis orang dilihat dari kemampuan intrapersonal-nya ;

Pertama ; orang yang tahu bahwa dirinya bisa. Dalam bahasa gaul disebut "pede".

Kedua ; orang yang tahu bahwa dirinya tidak bisa. Orang menyebut ini dengan istilah "sadar diri" atau "tahu diri".

Ketiga ; orang yang tidak tahu bahwa dirinya bisa. Kalau yang ini, bahasa populernya adalah "nggak pede" atau "minder".

Keempat ; orang yang tidak tahu bahwa dirinya tidak bisa. Ini parah, karena orang sering menyebut kondisi ini dengan kalimat "lo nggak punya kaca ya?" Hiks....

Ngomong-ngomong, kalau dibawa kedalam empat kategori ini, artis senior itu masuk ke kategori yang mana ya....? (Jangan salah sangka, ini benar-benar bertanya....).


Pondok Gede - 16112012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar