Rabu, 04 Januari 2012

Tentang "LUPA"

Pernahkah kita berpikir atau memikirkan tentang "lupa"?

Mungkin selama ini kita menganggap bahwa keadaan "lupa" lebih banyak berkaitan dengan hal-hal yang buruk, dosa, kelalaian, keteledoran...... Seperti ini ;  Lupa kacang akan kulitnya, lupa ajaran agama, lupa nasihat orangtua, lupa janji, lupa nama dan alamat, lupa meletakkan barang-barang berharga.

Tapi pernahkan kita berpikir, bahwa kadang-kadang keadaan "lupa" itu ada manfaatnya? Misalnya untuk keadaan tertentu seperti ini :
@ Lupa bahwa kita pernah memberi atau berbuat baik kepada orang lain. Kalau "tidak lupa" artinya kita akan terus mengingat kebaikan kita, dan akhirnya menjadi tidak ikhlas dan "riya", bukan?

@ Lupa akan suatu keadaan buruk yang pernah menimpa kita. Membantu kita untuk terus melangkah kedepan tanpa selalu mengingat  masa lalu yang kelam atau gagal. Itu menghindarkan kita dari "trauma" dan menjaga agar kita tetap optimis. Betul tidak?

@ Lupa terhadap sesuatu atau seseorang, yang jika diingat-ingat terus akan menimbulkan airmata dan kesedihan. Siapa orang yang senang berkubang dengan sedih dan airmata? Untuk itulah, baru terasa betapa bernilainya "lupa" itu.....

Maka bersyukurlah, karena Allah SWT telah memberikan kepada manusia suatu keadaan yang disebut "lupa".

(IMHO :  Melupakan adalah bagian dari menyembuhkan diri sendiri)

Rabu - 04012012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar